Sabtu, 01 September 2012

Siapa Penemu penemu Keyboard ?

Saat ini  kebanyakan orang memiliki komputer dirumah mereka. Komputer merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidapan sehari-hari kita dan membantu kita dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Apakah kita benar-benar menghargai dan tau bagaimana komputer pertama kali diciptakan dan darimana asalnya?

Bermula dari Mesin Ketik…
Mesin ketik ada sebelum komputer dan peralatan listrik. Banyak yang memberikan kontribusi terhadap terciptanya mesin ketik, jadi penghargaan tidak diberikan kepada satu orang. Sejarah mesin ketik dimulai pada tahun 1714 oleh Henry Mill, seorang penemu asal Inggris yang mendapatkan paten untuk sesuatu yang mirip mesin ketik.



         Mesin ketik ditemukan oleh Christopher Latnam Sholes,  beliau menciptakan mesin ketik dan mengembangkannya mesin ketik hingga tercipta keyboard QWERTY pada tahun 1873. Christopher Latnam Sholes Lahir di Beliau lahir di Mooresburg, Pennsyvania-AS. 
Sholes menjual hak paten mesin ketiknya pada perusahaan Remington Arms di 1872 seharga $ 12.000.Sholes pun terus melanjutkan dan mengembangkan penemuannya sepanjang tahun 1860-an hingga tercipta QWERTY keyboard pada 1873. Penemuan QWERTY keyboard ini tidak terlepas dari penemuan prototipe awal mesin ketik. Pada saat Sholes menciptakan mesin ketik, susunan hurufnya disusun urut (berdasarkan huruf latin) sehingga demikian sering menimbulkan masalah. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming). Atas saran James Densmore, teman bisnisnya, Sholes harus mencari kombinasi huruf lain agar masalah ini dapat terpecahkan.
Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (american simplified keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940. Berdasarkan hasil penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik lebih efesien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia pada saat itu, dan mereka tidak mau menanggung risiko Rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK. Satu-satunya pengakuan datang dari ANSI (american national standard institute) yang menyetujui susunan keyboard DVORAK sebagai versi alternatif disekitar tahun 1970. 

Sholes meninggal pada 17 Februari 1890 setelah berjuang melawan tuberkulosis selama sembilan tahun, dan dimakamkan di Hutan Rumah Pemakaman di Milwaukee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman